Saturday 7 February 2015

Kiat-kiat Mudah Bangun Malam

Sobat, apa kabar? Semoga sobat-sobat sekalian dalam keadaan sehat wal afiat, aamiin. Sebagaimana yang pernah saya janjikan sebelumnya, bahwa untuk postingan kali ini saya akan berbagi tips agar mudah bangun malam. Tapi bukan bangun malam sekedar ke kamar mandi terus tidur lagi yah. hehe.. Melainkan bangun untuk melaksanakan shalat sunnah tahajjud. Bagi sobat yang belum tahu keutamaan shalat tahajjud, klik disini

Artikel ini saya rujuk dari beberapa wejangan para ulama dan juga pengalaman pribadi . Tapi bukan berarti saya ini sudah rajin shalat tahajjud yah, saya juga belum rajin-rajin amat. Tujuan utama saya menuliskan artikel ini adalah sebagai pengingat diri sendiri manakala saya mulai kendor dalam mendekatkan diri pada ALLAH subhanahu wa ta'ala.Baiklah, supaya tidak terlalu panjang, berikut kiat-kiat mudah bangun malam :


1. Berwudhu
    Sebelum kita masuk ke tempat tidur, usahakanlah untuk berwudhu terlebih dahulu, karena hal itu merupakan sunnah Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam. Beliau bersabda yang artinya "barandsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka malaikat akan mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya malaikat itu berucap "Ya Allah, ampunilah hambaMU si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan suci."(HR. Ibnu HIbban dari ibnu Umar r.a). Wow, Luar biasa sekali kan? Sementara di dalam hadits yang lain Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda "apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk shalat." (HR. Bukhori dan Muslim)

2. Niat Bangun Malam
    Niat di sini dilakukan sebelum kita beranjak tidur. Meskipun nanti, jika kita tertidur samapai terbit fajar, maka kita sudah dicatat sebagai orang yang telah melaksanakan shalat tahajjud. Luar biasa kan sobat?

3. Berdoa Sebelum tidur
    Dari kecil kita tentu sering diajarkan untuk berdoa sebelum tidur, nah ini tidak sembarangan loh sobat, ada banyak fadhilah yang bisa kita petik dari doa ini dan salah satunya adalah mempermudah kita untuk bisa bangun di sepertiga malam terakhir. Sekurang-kurangnya dengan doa 'bismika Allahumma ahya wa amuut'.Namun, alangkah lebih afdhol lagi jika kita membaca doa yang lebih panjang lagi, diantaranya yaitu:
a. Membaca Alfatihah 1 x
b. Membaca ayat qursy 1 x
c. Membaca dua ayat terakhir surat Al-baqoroh
d. Membaca Surat Al Ikhlas 3 x
e. Membaca Surat Al-falaq 1 atau 3 x
f.  Membaca Surat Annas 1 atau 3 x

4. Tidur Miring ke Sebelah Kanan
    Diusahakan keetika hendak memejamkan mata, baringkanlah tubuh kitake sebelah kanan, karena selain itu sebagai sunnah nabi, juga sabgat bermanfaat bagi tubug kita. Saya kutip dari www.doktrersehat.com/manfaat-tidur-miring-ke-kanan/ disebutkan beberapa manfaat tidur miring ke sebelah kanan diantaranya adalah:
    1. mengistirahatkan otak kiri
    2. mengurangi beban jantung
    3. mengistirahatkan lambung
    4. meningkatkan waktu penyerapan gizi
    5. merangsang buang air besar
    6. mengistirahatkan kaki kiri
    7. menjaga kesehatan paru-paru

5. Tidur Lebih Awal
    Kebiasaan tidur larut malam atau begadang tidak hanya merusak kesehatan (kata Rhoma Irama,,hehe), tetapi hal itupun sangat tidak dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam. Sayyidah 'Aisyah radhiyallahu ‘anha menjelaskan kebiasaan beliau ini:


مَا نَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَلَا سَهِرَ بَعْدَهَا
Rasulullah shallaallahu 'alaihi wa sallam tidak pernah tidur sebelum waktu isya' dan tidak pernah begadang setelahnya. (HR. Ahmad; shahih). Terus apa boleh kita tidur di larut malam/begadang? Ya boleh boleh saja asal ada perlunya, halah Rhoma Irama lagi hehe. Menurut para ulama, tidak apa-apa apabila kita tidur lebih larut lagi asalkan memang ada keperluan yang tidak mungkin untuk dihindarkan, seperti belajar dan sebagainya. Asalkan tidak sampai telat bangun untuk melaksanakan shalat subuh.
 
    Nah sobat, bagaimana, mudah kan? Insya Allah jika kita istiqomah maka hasilnya pun pasti akan luar biasa. Sampai sini saya bisa berbagi buat sobat sobat semua, mudah mudahan kita semua mendapatkan hidayah Allah supaya mampu istiqomah menjalankan perintahNYA, salah satunya shalat sunnah Tahajjud ini. untuk menambah referensi, sobat bisa bertanya kepada para ulama yang ilmuya jauh melebihi saya. Saya sendiri referensinya para ulama. Wallahu a'lam bishshowab.
    

No comments:

Post a Comment